• SMK NEGERI 1 BANCAK
  • The Formation of Students with Character Based on Science technology and Faith Piety

Sarpras & SDM

Suatu instansi sekolah tidak terlepas dari yang namanya sarana dan prasarana yang merupakan alat/bahan pendukung dalam berlangsungnya proses belajar dan mengajar di sekolah. Sarana dan prasarana memiliki peran yang sangat penting dalam setiap lembaga atau instansi baik itu di sekolah, perkantoran serta lembaga-lembaga lainnya.

Berbicara mengenai sarana dan prasarana, pastinya kalian sudah sering melihat berbagai macam benda atau bahan lainnya yang ada di tiap-tiap sekolah dimulai dari alat/perlengkapan pembelajaran bahkan gedung yang merupakan ruang tempat berlangsungnya proses pendidikan. Itulah yang memang termasuk jenis sarana dan prasarana sekolah, namun agar lebih jelasnya kita bahas satu persatu mengenai jenis sarana dan prasarana sekolah beserta penjelasannya.

Manajemen sarana dan prasarana merupakan kegiatan yang mengatur segenap proses pengadaan dan pendayagunaan sarana dan prasarana yang menunjang proses pendidikan untuk  mencapai  tujuan  pendidikan  secara  efektif  dan  efisien. Perencanaan,  pengadaan, pengaturan,  penggunaan  dan  penghapusan  sarana  dan prasarana sekolah merupakan fungsi dalam manajemen sarana dan prasarana untuk kelancaran  proses  belajar  mengajar. Manajemen  sarana  dan  prasarana  di  SMK Negeri 1 Bancak serta hasil yang diperoleh dari proses pembelajaran secara garis besar dimanfaatkan  untuk  saling  membantu  pada masing-masing  kompetensi  keahlian menjadi hal yang esensial untuk diteliti.

Pemeliharaan sarana dan prasarana merupakan upaya atau proses kegiatan untuk mempertahankan kondisi teknis, daya  guna dan hasil  guna suatu  sarana dan prasarana  kerja  dengan  jalan  memelihara,  merehabilitasi,  menyempurnakannya  sehingga  sarana  dan  prasarana  tersebut dapat lebih tahan lama dalam pemakaian.

Keberadaan tenaga kependidikan sebagai salah satu faktor dalam proses pendidikan penting artinya bagi organisasi dalam suatu sekolah. Dalam perkembangannya, organisasi sekolah akan menghadapi permasalahan tenaga kependidikan yang semakin kompleks, dengan demikian pengelolaan tenaga kependidikan harus dilakukan secara profesional oleh departemen tersendiri dalam suatu organisasi, yaitu Departemen Sumber Daya Manusia.

Mengelola tenaga kependidikan di era globalisasi bukan merupakan hal yang mudah. Oleh karena itu, berbagai macam suprastruktur dan infrastruktur perlu disiapkan untuk mendukung proses terwujudnya tenaga kependidikan yang berkualitas. Sekolah yang ingin tetap eksis dan memiliki citra positif di mata masyarakat tidak akan mengabaikan aspek pengembangan kualitas tenaga kependidikan-nya. Oleh karena itu peran manajemen ketenagaan dalam organisasi tidak kecil, bahkan sebagai sentral pengelola maupun penyedia tenaga kependidikan.

Manajemen ketenagaan sangat diperlukan karena manajemen ketenagaan dapat diartikan sebagai kegiatan perencanaan, pengadaan, pengembangan, pemeliharaan dan penggunaan tenaga kependidikan dalam upaya mencapai tujuan individual maupun organisasional.

Kepala Sekolah dalam mengelola sarana dan prasarana serta ketenagaan dibantu seorang Wakil Kepala Bidang Sarpras dan SDM (Waka 3) bertugas dalam bidang pengaturan sarana dan prasarana serta ketenagaan dan bertanggungjawab terhadap pelaksanaan kegiatan yang berkaitan dengan sarana dan prasarana serta ketenagaan disekolah. Pada saat ini Wakil Kepala Bidang Sarpras dan SDM diemban oleh Musyaffa', S.T.

Kaitannya dengan bidang tugas kurikulum selengkapnya dapat dilihat Disini

Halaman Lainnya
Humas/Hubin

Humas atau kependekan dari hubungan masyarakat merupakan salah satu jabatan yang selalu ada dan dibutuhkan setiap perusahaan serta berbagai lembaga atau instansi lainnya. Dalam hal ini,

25/11/2020 08:59 - Oleh Administrator - Dilihat 2097 kali
Kesiswaan

Berdasarkankan fungsi dan tujuan Pendidikan Nasional tersebut dapat dimaknai bahwa dalam proses penyelenggaraan kegiatan pendidikan baik intrakurikuler, kokurikuler dan ekstrakurikuler

25/11/2020 08:58 - Oleh Administrator - Dilihat 647 kali
Kurikulum

Kurikulum adalah perangkat mata pelajaran dan program pendidikan yang diberikan oleh suatu lembaga penyelenggara pendidikan yang berisi rancangan pelajaran yang akan dibe

25/11/2020 08:58 - Oleh Administrator - Dilihat 784 kali
Struktur Organisasi

  JABATAN   NAMA LENGKAP NIP Kepala SMK : Salim, S.Pd., M.T. 19650313 199512 1 003 Plt. Kepala Tata Administrasi : Arif Hamidi, S.Kom. 19800908 200604 1 010 Direktur

30/07/2020 14:50 - Oleh Administrator - Dilihat 1366 kali
Komite Sekolah

Komite Sekolah adalah badan mandiri yang mewadahi peran serta masyarakat dalam rangka meningkatkan mutu, pemerataan, dan efisiensi pengelolaan pendidikan di satuan pendidikan, baik pada

30/07/2020 14:49 - Oleh Administrator - Dilihat 20698 kali