• SMK NEGERI 1 BANCAK
  • The Formation of Students with Character Based on Science technology and Faith Piety

TATA BUSANA

 

Home Page Tata Busana

Tata Busana merupakan suatu disiplin ilmu dan seni mengenai penerapan desain, estetika, dan keindahan alami untuk pakaian dan hiasan tambahannya. Penerapan tata busana dipengaruhi oleh corak budaya dan sosial, yang beragam tergantung pada waktu dan tempat. Di Indonesia, tata busana banyak diajarkan di Sekolah Menengah Kejuruan dan Madrasah Aliyah dimana para murid yang mendalami disiplin ilmu ini diarahkan untuk bisa menjadi ahli atau perancang busana yang bisa merancang pakaian tersendiri dan mengerti selera pasar. Di tingkat pendidikan tinggi, ilmu tata busana atau desain fashion merupakan salah-satu jurusan yang banyak ditawarkan oleh sekolah desain dan seni kepada peminat yang ingin meniti karier dalam industri busana.

Program studi Tata Busana sering juga disebut dengan nama Fashion Design, program studi ini di pelajari teknik mendesain, belajar membuat pola, menjahit, dan seluk beluk produksi busana atau fashion. 

Tujuan Tata Busana

  1. Mempersiapkan peserta didik menjadi manusia yang produktif, mampu bekerja mandiri dan dapat diserap oleh DU/DI sebagai tenaga kerja tingkat menengah sesuai dengan kompotensi yang dimilikinya. 
  2. Memberikan pembekalan agar mampu berkarir, ulet dan giat dalam berkompetensi, mampu beradaptasi dilingkungan kerja dan dapat mengembangkan sikap propesional sesuai kompetensi yang dimilikinya. 
  3. Membekali peserta didik dalam ilmu pengetahuan, teknologi, seni dan wawasan entreuprener agar mampu mengembangkan diri dikemudian hari baik secara mandiri maupun melanjutkan pada jenjang pendidikan lebih tinggi. 
  4. Membekali peserta didik dengan keterampilan, pengetahuan dan sikap agar kompeten di bidang : Fashion Drawing (Menggambar Busana), Pattern making (Membuat Pola), Pembuatan busana, baik pria, wanita, dewasa, dan anak-anak danPembuatan Hiasan pada busana (Embroidery).

Kompetensi yang diajarkan

  • Dasar program keahlian Tata Busana :
  1. Pengetahuan tekstil.
  2. Dasar busana.
  3. Dasar pola.
  4. Dasar Teknologi menjahit.
  • Kompetensi keahlian yang diajarkan  :
  1. Pembuatan Pola.
  2. Pembuatan busana custom made.
  3. Pembuatan busana industri.
  4. Pengembangan produk kreatif.

Lingkup Pekerjaan

Bidang pekerjaan yang dapat diisi oleh tamatan Program Keahlian Tata Busana Butik antara lain :

  1. Customer-Made (Modiste/attelier, butik, tailor-made, dress-making)
  2. Penjahit
  3. Tukang potong
  4. Pembuat pola
  5. Pekerja pada bagian finishing
  6. Penghias busana
  7. Pembuat pelengkap Busana

Garment/Konveksi Operator/Pembantu operator pada bagian :

  1. Triming
  2. Preparing
  3. Ticketing & bundelling
  4. Cutting
  5. Sewing (penjahit)
  6. Finishing
  7. Packing & labelling
  8. Pembuatan sampel Pressing.

Profil Lulusan Tata Busana

Profil lulusan kompetensi keahlian tata busana ke diharapkan Membekali peserta didik dengan keterampilan, pengetahuan dan sikap yang unggul agar siap dan mampu bersaing sebagai operator yunior yang kompeten di bidang:

  1. Mengukur, membuat pola, menjahit dan menyelesaikan busana;
  2. Memilih bahan tekstil dan bahan pembantu secara tepat;
  3. Menggambar macam – macam busana sesuai kesempatan;
  4. Menghias busana sesuai desain;
  5. Mengelola usaha di bidang busana.

Kompetensi keahlian tata busana telah menjalin kerjasama atau MoU dengan perusahaan garmen yang berada di Kabupaten Semarang PT. Ungaran Sari Garmen Semarang yang beralamat di Kecamatan Pringapus Kabupaten Semarang. Dimana siswa yang telah memenuhi persyaratan umur dapat diterima bekerja di PT. Ungaran Sari Garmen Semarang sehingga keterserapan tamatan kompetensi keahlian tata busana hampir 100%.

Halaman Lainnya
Humas/Hubin

Humas atau kependekan dari hubungan masyarakat merupakan salah satu jabatan yang selalu ada dan dibutuhkan setiap perusahaan serta berbagai lembaga atau instansi lainnya. Dalam hal ini,

25/11/2020 08:59 - Oleh Administrator - Dilihat 2097 kali
Sarpras & SDM

Suatu instansi sekolah tidak terlepas dari yang namanya sarana dan prasarana yang merupakan alat/bahan pendukung dalam berlangsungnya proses belajar dan mengajar di sekolah. Sarana dan

25/11/2020 08:59 - Oleh Administrator - Dilihat 639 kali
Kesiswaan

Berdasarkankan fungsi dan tujuan Pendidikan Nasional tersebut dapat dimaknai bahwa dalam proses penyelenggaraan kegiatan pendidikan baik intrakurikuler, kokurikuler dan ekstrakurikuler

25/11/2020 08:58 - Oleh Administrator - Dilihat 648 kali
Kurikulum

Kurikulum adalah perangkat mata pelajaran dan program pendidikan yang diberikan oleh suatu lembaga penyelenggara pendidikan yang berisi rancangan pelajaran yang akan dibe

25/11/2020 08:58 - Oleh Administrator - Dilihat 785 kali
Struktur Organisasi

  JABATAN   NAMA LENGKAP NIP Kepala SMK : Salim, S.Pd., M.T. 19650313 199512 1 003 Plt. Kepala Tata Administrasi : Arif Hamidi, S.Kom. 19800908 200604 1 010 Direktur

30/07/2020 14:50 - Oleh Administrator - Dilihat 1366 kali